Untuk memenuhi permintaan beberapa pengunjung yang menginginkan postingan tentang EDS, ini
saya penuhi dengan bahan berdasarkan materi yang ada di EDS ONLINE TAHUN 2012 yang merupakan
websitenya Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan
Mutu Pendidikan ( Badan PSDMPK dan PMP ).
KONSEP EDS
EDS adalah proses evaluasi diri sekolah yang bersifat internal yang melibatkan pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah berdasarkan SNP.
Hasil EDS dipakai sebagai dasar penyusunan RKS san RKAS dalam meningkatkan mutu pendidikan disekolah secara konsisten dan berkelanjutan, serta sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat kab/kota.
TUJUAN EDS
1. Menilai kinerjanya berdasarkan SNP
2. Mengetahui tahapan pengembangan dalam pencapaian SNP sebagai dasar peningkatan mutu pendi-
dikan.
3. Menyusun RKS/RKAS sesuai kebutuhan nyata dalam rangka pemenuhan SNP.
MANFAAT EDS
1. Tingkat Sekolah
a. Sekolah dapat mengidentifikasikan kelebihan dan kekurangannya sendiri dan merencanakan pengem-
bangan dan peningkatan ke depan.
b. Sekolah dapat memiliki data dasar yang akurat sebagai dasar untuk pengembangan dan peningkatan
di masa mendatang.
c. Sekolah dapat mengidentifikasikan peluang untuk meningkatkan mutu pendidikan yang disediakan,
mengkaji apakah inisiatif peningkatan tersebut berjalan dengan baik dan menyesuaikan program se-
suai dengan hasilnya.
d. Sekolah dapat memberikan laporan formal kepada pemangku kepentingan demi meningkatkan akun-
tabilitas sekolah.
2. Tingkatan lain dalam sistem (Pemerintah, Pemerintahan Kabupaten/Kota dan Propinsi)
a. Menyediakan data dan informasi yang penting untuk perencanaan, pembuatan keputusan, dan peren-
canaan anggaran pendidikan pada tingkat kabupaten/kota, propinsi, dan nasional.
b. Mengidentifikasikan bidang prioritas untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan.
c. Mengidentifikasikan jenis dukungan yang dibutuhkan terhadap sekolah.
d. Mengidentifikasikan pelatihan serta kebutuhan program pengembangan.
e. Mengidentifikasikan keberhasilan sekolah berdasarkan berbagai indikator pencapaian sesuai dengan
Standar Pelayanan Minimal dan Standar Nasional Pendidikan.
LINGKUP EDS
EDS menjawab 3 pertanyaan utama :
1. Seberapa baik kinerja sekolah kita ?
2. Bagaimana kita mengetahuinya ?
3. Bagaimana kita memperbaikinya ?
Demikian sekilas tentang EDS, untuk lebih jelas dan rincinya silakan meluncur ke EDS ONLINE 2012.
Di sana semua materi dan permasalahan tentang EDS sudah tersedia termasuk link downloadnya. Semoga
sedikit info ini bermanfaat bagi kita semua.
Sumber :
EDS ONLINE 2012 - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ( Badan PSDMPK dan PMP)
saya penuhi dengan bahan berdasarkan materi yang ada di EDS ONLINE TAHUN 2012 yang merupakan
websitenya Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan
Mutu Pendidikan ( Badan PSDMPK dan PMP ).
KONSEP EDS
EDS adalah proses evaluasi diri sekolah yang bersifat internal yang melibatkan pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah berdasarkan SNP.
Hasil EDS dipakai sebagai dasar penyusunan RKS san RKAS dalam meningkatkan mutu pendidikan disekolah secara konsisten dan berkelanjutan, serta sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat kab/kota.
TUJUAN EDS
1. Menilai kinerjanya berdasarkan SNP
2. Mengetahui tahapan pengembangan dalam pencapaian SNP sebagai dasar peningkatan mutu pendi-
dikan.
3. Menyusun RKS/RKAS sesuai kebutuhan nyata dalam rangka pemenuhan SNP.
MANFAAT EDS
1. Tingkat Sekolah
a. Sekolah dapat mengidentifikasikan kelebihan dan kekurangannya sendiri dan merencanakan pengem-
bangan dan peningkatan ke depan.
b. Sekolah dapat memiliki data dasar yang akurat sebagai dasar untuk pengembangan dan peningkatan
di masa mendatang.
c. Sekolah dapat mengidentifikasikan peluang untuk meningkatkan mutu pendidikan yang disediakan,
mengkaji apakah inisiatif peningkatan tersebut berjalan dengan baik dan menyesuaikan program se-
suai dengan hasilnya.
d. Sekolah dapat memberikan laporan formal kepada pemangku kepentingan demi meningkatkan akun-
tabilitas sekolah.
2. Tingkatan lain dalam sistem (Pemerintah, Pemerintahan Kabupaten/Kota dan Propinsi)
a. Menyediakan data dan informasi yang penting untuk perencanaan, pembuatan keputusan, dan peren-
canaan anggaran pendidikan pada tingkat kabupaten/kota, propinsi, dan nasional.
b. Mengidentifikasikan bidang prioritas untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan.
c. Mengidentifikasikan jenis dukungan yang dibutuhkan terhadap sekolah.
d. Mengidentifikasikan pelatihan serta kebutuhan program pengembangan.
e. Mengidentifikasikan keberhasilan sekolah berdasarkan berbagai indikator pencapaian sesuai dengan
Standar Pelayanan Minimal dan Standar Nasional Pendidikan.
LINGKUP EDS
EDS menjawab 3 pertanyaan utama :
1. Seberapa baik kinerja sekolah kita ?
2. Bagaimana kita mengetahuinya ?
3. Bagaimana kita memperbaikinya ?
Demikian sekilas tentang EDS, untuk lebih jelas dan rincinya silakan meluncur ke EDS ONLINE 2012.
Di sana semua materi dan permasalahan tentang EDS sudah tersedia termasuk link downloadnya. Semoga
sedikit info ini bermanfaat bagi kita semua.
Sumber :
EDS ONLINE 2012 - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ( Badan PSDMPK dan PMP)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar